Cara membersihkan laptop setelah tertumpah cairan teh/ kopi/ jus

3/23/10

Terkadang pada saat kita bekerja atau sedang sibuk - sibuknya mengerjakan tugas kantor. Tanpa sengaja minuman kita tertumpah tersenggol sesuatu sehingga tumpah diatas laptop, yang mana notabene berisi tugas yang kita kerjakan tadi.

Jangan panik untuk mengatasinya, berikut ini langkah - langkah yang harus diikuti agar kerusakan tidak tambah parah atau bahkan tidak rusak sama sekali.

  1. Matikan mesin anda, bila perlu matikan secara paksa.
  2. Segera ambil kain dan letakkan diatas cairan tadi agar meresap, dan jangan pakai pembersih cairan yang akan berakibat cairan akan kemana mana.
  3. Lepaskan kabel kabel, external drive, removable bay atau extra network cards.
  4. Bersihkan juga cairan bila terkena di salah satu dari external divices di nomor 3.
  5. Jangan lepaskan casing external laptop anda, dan ini akan menyebabkan garansi anda hilang dan bisa menyebabkan kerusakan pada hardware anda.
  6. Miringkan laptop anda dan diusahakan agar cairan itu keluar dari laptop anda sebanyak mungkin, dan laptop anda jangan goyang goyangkan/ jangan di kocok.
  7. Letakkan laptop anda terbalik sehingga cairan yang tidak bisa dijangkau bisa keluar.
  8. Pakailah hair dryer bila anda ada dan di set di kondisi paling dingin. Hati hari sekali untuk menggunakan dryer ini dan di arahkan di parts di computer anda.
  9. Laptop akan kering dalam waktu minimum 1 jam, dan tinggalkan laptop anda kira kira 24 jam sehingga bisa lebih kering.
  10. Setelah kering, dicoba untuk memasang kembali semua alat alat external yang tadi dilepas dan dicoba untuk start up laptop anda. Bila starts up dengan tidak ada masalah, jalankan program dan coba gunakan alat alat external anda.
  11. Bila laptop tidak hidup atau ada masalah lain, ini adalah waktunya untuk anda membawa laptop untuk diperbaiki. Bila laptop anda masih bergaransi, ikuti petunjuknya.
Petunjuk :
  1. Air merupakan cairan yang paling cepat untuk membersihkan laptop dan yakinkan air tersebut tidak masuk ke dalam internal casing anda.
  2. Cairan lain yang masuk bila mengandung gula, itu akan mengakibatkan lengket, maka gunakanlah kain yang hangat dan basah untuk bisa membersihkan cairan yang ada unsur gula.