Sebarkan Damai, Dalai Lama Gabung di Twitter

3/5/10

Dalai Lama
Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, ikut menyemarakkan layanan mikroblogging, Twitter. Dalam dua pekan, pengikut (follower) tokoh agama yang disegani itu mencapai 100 ribu orang.

Seperti dikutip dari laman harian The Telegraph, 4 Maret 2010, Twitter resmi Dalai Lama diluncurkan setelah peraih Nobel Perdamaian itu bertemu dengan salah seorang pendiri Twitter, Evan Williams, di Los Angeles, Amerika Serikat.

Pasca pertemuan, Williams memasang tweet di akun twitter-nya, berisi: "Ketemu Dalai Lama hari ini di LA. Mengenalkan dia pada Twitter. Dia tertawa," tulis Williams.

Namun, hari berikutnya, akun Twitter Dalai Lama sudah muncul dan mendapat sambutan dari juru bicara baru Twitter, Sean Garrett. “Welcome @DalaiLama”, tulis Garrett.

Akun Twitter Dalai Lama telah digunakan untuk mengirim beberapa pesan. Sejauh ini, meski bukan berisi kata-kata mutiara atau pepatah bijak, pesan tersebut berisi link ke artikel atau foto aktivitas Dalai Lama di berbagai tempat yang dikunjungi. Dia menghindari pernyataan-pernyataan politis tajam dan belum menjadi follower akun pengguna lain.

Setelah tampil dalam acara Larry King di Los Angeles, ia menulis: “Dalai Lama Mencintai China Meski 'Ada Tekanan'.”

Akun Twitter resmi Dalai Lama ini muncul satu tahun setelah Twitter memblok sebuah akun Dalai Lama palsu yang memiliki puluhan ribu follower.

Menyusul insiden akun palsu itu, dan akun-akun palsu tokoh terkenal lain, Twitter mulai memberlakukan sistem verified accounts atau akun resmi bagi orang-orang terkenal. Akun baru Dalai Lama juga merupakan verified account.

(sumber:~www.vivanews.com~)