Tips Mengemudi Mobil atau Kendaraan Untuk Wanita

3/1/10

Wanita yang mengemudikan mobil atau kendaraannya sendiri sering menjadi incaran tindakan kejahatan, untuk itu perlu ekstra waspada.
Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan :
1. Cek kesiapan kendaraan atau mobil Anda sebelum berangkat. Pastikan kendaraan sehat, artinya tidak ada kekurangan oli, bensin jangan sampai kehabisan, air radiator jangan kurang tapi jangan juga melebihi batas maksimal dan sehat disegala kelengkapan mobil lainnya.
2. Sebelum wanita masuk dalam mobil, waspada terhadap keadaan sekeliling, lihat dulu ke dalam mobil Anda, perhatikan apakah ada hal yang mencurigakan. Terutama di bagian jok belakang.
3. Ketika parkir jika disebelah mobil ada mobil besar (van, box, dll) yang parkir di sisi pintu supir, usahakan masuk ke dalam mobil dari sisi penumpang. Hal ini untuk mengantisipasi bila ada yang berniat menarik wanita ke dalam mobil besar tersebut bila Anda masuk dari kursi pengemudi.
4. Apabila mobil yang parkir sebelah mobil Anda ada seseorang di dalamnya, terutama pria. Jangan masuk ke dalam mobil saat itu, pergilah dulu menjauh sambil mengamati mobil tersebut sampai pergi. Memang aneh rasanya, tapi lebih baik paranoid daripada rugi sendiri nantinya.
5. Wanita cenderung sering masuk ke dalam mobil lalu langsung mengecek semua barang belanjaan maupun melakukan hal lain, jangan lakukan hal ini, yang pertama dilakukan ketika masuk mobil adalah segera kunci pintu mobil Anda bahkan sebelum Anda menyalakan mobil. Penjahat selalu mengawasi orang-orang yang lengah.
6. Sebaiknya tidak menggunakan sepatu hak tinggi, ketika mengemudi gunakan saja sepatu atau sandal yang memiliki permukaan bawah yang tidak licin sehingga mengurangi resiko terpeleset/selip ketika menginjak pedal gas atau rem.
7. Jangan menyetir tanpa alas kaki agar bila terjadi kecelakaan kaki masih terlindungi oleh sepatu.